A. Latar Belakang

Secara umum Perusahaan merupakan sebuah perusahaan nasional yang besar dan memiliki keaneka ragaman produk yang dipasarkan. Hal itu jelas menjadi masalah tersendiri mengingat banyaknya produk dan tantangan pemasaran yang sangat besar baik dari kompetitor maupun dari internal psikologi calon customer itu sendiri. Mengingat tantangan seperti itu maka menjadi suatu keharusan bagi Telkom untuk mencari cara-cara atau trik-trik pemasaran yang tepat dan cepat dengan cost yang relatih rendah.

B. Pengertian Sistem Afiliasi

Program Afiliasi Online merupakan salah satu jenis model pemasaran suatu produk yang untuk kedepannya akan terus berkembang. Model pemasaran ini sangat mendukung sekali dari aspek bisnis seperti efisiensi biaya dan efektifitasnya.
Semua Produk yang ditawarkan Telkom sangat luas segmentasinya sehingga tepat dipasarkan secara online dan sekaligus dapat mendukung program pencitraan perusahaan secara umum.
Definisi program afiliasi atau dalam bahasa Indonesianya pemasaran afiliasi adalah cara memasarkan suatu produk atau jasa suatu perusahaan atau pribadi melalui seseorang (pemasar) yang mendaftarkan diri dan memiliki blog atau website pribadi untuk bisa ikut memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut dan dari kegiatan memasarkan tersebut perusahaan memberikan komisi sebagai imbalannya.
Selain mendapatkan komisi dengan cara mereferensikan kepada customer untuk membeli produk atau jasa bisa juga mereferensikan pengunjung untuk mengunjungi website merchants kita dan melakukan beberapa aksi. Contohnya: mendaftar menjadi membership, mengisi form survey, mengunduh (atau download) file atau data dan lain sebagainya

Dalam suatu sistem afiliasi dikenal beberapa istilah diantaranya :

1. Merchant

Adalah orang atau perusahaan yang menyediakan produk untuk dipasarkan oleh peserta afiliasi. Untuk bisnis online, orang atau perusahaan ini mempunyai website atau blog yang menjelaskan produk yang disediakan untuk ditawarkan oleh peserta afiliasi. Keuntungan yang diperoleh merchant dari program afiliasi bisnis online ini antara lain; banyak yang ikut menawarkan produknya serta dapat meminimalisir biaya iklan secara offline. Semakin banyak yang menawarkan produk maka peluang mendapatkan pembeli juga semakin besar.

2. Affiliate atau peserta afiliasi

Yaitu pihak yang telah terdaftar dan disetujui oleh merchant untuk ikut menawarkan produk yang dipasarkan. Pihak ini biasanya juga memiliki website atau blog maupun email yang digunakan untuk menawarkan produk yang dijual oleh merchant. Di samping berhak memasarkan produk, peserta afiliasi juga berhak mendaftarkan atau merekomendasikan pihak lain untuk ikut menjadi peserta afiliasi. Keuntungan dari peserta afiliasi adalah mendapat komisi dari penjualan produk yang melalui penawarannya atau mampu mendatangkan pengunjung yang kemudian membeli produk merchant. Tanpa harus memiliki produk, peserta afiliasi dapat ikut memperoleh keuntungan dari penjualan yang dilakukan oleh pemilik produk atau merchant. Selain itu peserta afiliasi juga dapat memperoleh bonus tertentu ketika mampu merekomendasikan pihak lain yang akhirnya juga bersedia menjadi peserta afiliasi.
Baik itu melalui blog, website maupun email, peserta afiliasi tentu akan mencantumkan kode tertentu yang akan digunakan oleh costumer untuk mengetahui produk yang diinginkan. Kode ini diperoleh peserta afiliasi dari merchant pada saat pendaftaran menjadi peserta afiliasi. Dengan kode ini merchant akan mengetahui bahwa costumer tertentu mengunjungi blog atau websitenya atas rekomendasi dari peserta afiliasi.

3. Affiliate network

Yaitu sebuah jaringan yang mengelola bisnis afiliasi online. Di dalam jaringan ini terdapat bermacam merchant yang menyediakan produk untuk diikutkan program afiliasi. Network ini berfungsi mencari peserta afiliasi yang nantinya akan menawarkan produk milik merchant. Yang saya pahami, tidak semua program afiliasi online menggunakan network affiliate. Bisa saja merchant mengelola program afiliasi tanpa melalui affiliate network. Demikian jga peserta afiliasi juga tidak harus melalui network ini untuk bisa mengikuti afiliasi bisnis online. Hanya saja, ketika peserta afiliasi mengikuti program afiliasi melalui affiliate network maka merchant yang bisa diketahui semakin banyak. Dan itu artinya produk yang bisa ditawarkan oleh peserta afiliasi juga semakin banyak pula.

4. Costumer

Adalah pihak yang membeli produk. Di dalam program afiliasi bisnis online pengertian costumer adalah pihak yang melakukan pembelian produk merchant melalui penawaran peserta afiliasi. Keuntungan costumer dengan model afiliasi online adalah kemudahan mendapat informasi mengenai produk yang dibutuhkan. Costumer akan diberi kebebasan memilih produk yang diinginkan sesuai selera masing-masing. Informasi produk ini bisa ia dapatkan dengan bantuan mesin pencari hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan. Selanjutnya mesin mencari akan menunjukkan kepada costumer ini tentang blog atau website para peserta afiliasi produk yang diinginkan sesuai kata kunci tadi. Tidak menutup kemungkinan costumer ini juga akan langsung menemukan blog atau website milik merchant. Selain itu costumer juga bisa mendapatkan informasi tentang produk yang diinginkan melalui email yang dikirim oleh peserta afiliasi.

C. Keuntungan Sistem Afiliasi

Program afiliasi adalah salah satu cara yang ideal untuk memasarkan produk melalui situs Web . adapun keuntungan yang didapat dari pemasaran dengan program afiliasi adalah sebagai berikut :

1. Jangkauan Yang Lebih Luas

Melalui berbagai metode pemasaran seperti pemasangan iklan banner, newsletter, teks link dan media yang kaya, Afiliasi membantu perusahaan untuk menjangkau pasar yang luas.

2. Efisiensi Biaya Pemasaran

Untuk mendapatkan akses ke pasar-pasar baru dan memiliki jangkauan yang luas biaya yang dikeluarkan terlalu banyak. Afiliasi memberikan akses kepada klien / afiliate yang potensial. Jadi, perusahaan memiliki keleluasaan untuk menemukan afiliate yang memiliki akses ke pasar anda tertarik dengan

3. Win-Win Solution

Dengan adanya keterikatan antara perusahaan sebagai pemilik produk dengan afiliate sebagai pemasar produk maka dapat menimbulkan suatu interaksi positif yang dapat membawa keuntungan bagi kedua pihak. Bagi perusahaan cara pemasaran ini merupakan solusi dari kesulitan pemasaran produk secara masive dan solusi untuk menjawab tantangan dari para kompetitor.

4. Meningkatkan Nilai Jual Merk Produk

Afiliasi memiliki akses pasar yang luas sekali sehingga dengan pemasaran produk dari peusahaan dengan kualitas yang prima maka dengan sendirinya akan mewujudkan kesadaran dari custumer akan nilai jual merk produk itu sendiri. Hal itu juga mutlak tergantung kepada perusahaan untuk memberikan support atau sharing knowledge kepada para afiliate binaannya.

5. Ketersediaan Data Pendukung Analisa Penjualan

Dari nilai penjualan yang di raih oleh pada afiliate maka dapat dengan mudah diketahui prosentase pencapaian penjualan suatu produk tertentu dan data-data penjualan tersebut dapat juga dijadikan acuan analisa yang lainnya. Selain data penjualan, data kunjungan dan data komentar pengunjung pada suatu Web afiliate dapat dijadikan masukan bagi perusahaan untuk perbaikan dalam segala bidang.

6. Sarana Kampanye iklan otomatis

Dengan program afiliasi ini secara otomatis dapat menjadi media promosi yang bekerja terus menerus selama 24 jam sehingga dapat meminimalisasi biaya promosi produk perusahaan.

D. Kelemahan Sistem Afiliasi

Dari beberapa keuntungan program afiliasi diatas, tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan dari program tersebut antara lain:

1. Problem Seleksi Afiliate

Perusahaan tidak harus serta merta menyetujui seseoarang yang ngin menjadi mintra tanpa memberikan penilaian tertentu. Salah satu penilaian tersebut adalah mengenai Website pribadi yang dimiliki calon afiliate apakah memiliki tingkat kepopuleran yang cukup sehingga dapat membantu pemasaran secara maksimal.

2. Problem Relationship

Masalah lain yang mungkin timbul dari penerapan program afiliasi ini adalah kemampuan perusahaan sebagai pemilik produk untuk tetap menjaga hubungan baik dengan para afiliate-afiliate yang menjadi ujung tombak pemasaran.

E. Kesimpulan
Dari pemaparan diatas dapat dilihat berbagai macam manfaat atau keuntungan yang dapat diambil dari sebuah program pemasaran dengan metode afiliasi. Menurut penulis penerapan program afiliasi untuk memasarkan produk PT. Telkom,Tbk ini cukup menjanjikan dan dapat diandalkan karena sangat mendukung sekali dalam program efisiensi dan efektifitas pemasaran.

2 komentar:

Bimbel Super Kid's said...

terima kasih ilmunya pak
salam kenal dari bimbel super kid's

Unknown said...

Ngomong-ngomong tentang bisnis afiliasi memang selalu manarik, saya mengajak anda sebagai blogger untuk membangun afiliasi bersama layanan BebasBayar.
Dengan sistem afiliasi bertingkat akan lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan setiap hari, karena saya sudah lama mengikutinya dan mendapatkan hasilnya.
100% free untuk daftar.
Semoga anda berkenan berkunjung ke blog saya, rewardbebasbayar, untuk lihat detailnya.

Post a Comment