Wednesday, October 14, 2009

15 Item Blog Sidebar Terpopuler

Seperti yang kita ketahui sebuah sidebar pada sebuah Blog merupakan bagian penting yang sayang kalau tidak dimanfaatkan.Sidebar dapat diisi dengan apa pun yang blogger inginkan, tetapi faktor estetika dan fungsi harus tetap dikedepankan. Ada juga banyak item yang dapat dimasukkan ke dalam sidebar blog Anda yang dapat membantu Anda memasarkan dan menghasilkan Uang dari Blog anda. Berikut ini adalah 15 sidebar item yang banyak digunakan.

1. About Link atau Profil
Sidebar adalah tempat yang tepat untuk menggambarkan siapa diri Anda, sehingga pengunjung akan segera memahami tingkat keahlian Anda atau minat dalam topik blog Anda. Anda dapat melakukan hal ini melalui link halaman "About Me" atau profil anda yang ditampilkan disidebar blog anda.

2. Your Picture atau Foto Pribadi
Untuk lebih menunjukkan siapa diri Anda sebagai blogger , dapat dilakukan dengan memasukkan gambar Anda pada sidebar Anda bersama dengan link halaman "About" atau profil anda. Menambahkan gambar Anda juga membantu untuk personalisasi blog Anda. Ingat, blogger selalu berusaha menciptakan hubungan baik dengan para pembacanya. Sebuah gambar dapat membantu memperkuat hubungan Anda dengan pembaca Anda.

3. Contact Information
Contack Information sangat dibutuhkan terutama jika blogger ingin membangun sebuah hubunga bisnis dengan para pembacanya. Jika blog Anda adalah sebuah alat penjualan, maka Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi pengunjung untuk menghubungi Anda.

4. Blogroll
Menurut saya hal paling penting yang harus ditampilkan disidebar adalah blogroll. Blogroll Anda membantu untuk mempromosikan blog Anda melalui jaringan dengan blogger yang berpikiran sama.

5. Links to Your Other Blogs or Websites
Item ini bisa anda gunakkan untuk mempromosikan Blog atau Website lain yang anda pilih. Selain blogroll biasa, Anda dapat menambahkan link ke blog dan situs lain pada sidebar Anda.

6. List of Categories
Untuk memudahkan pembaca blog Anda untuk menemukan konten lama Anda, penting untuk membuat kategori untuk mengarsipkan posting Anda dan menyertakan link ke kategori tersebut pada sidebar Anda.

7. Links to Archives by Date
Cara lain untuk memudahkan bagi pembaca Anda untuk menemukan konten lama di blog Anda adalah melalui link ke arsip Anda (biasanya tercantum berdasarkan bulan) pada sidebar Anda.

8. Recent Posts Links
Memudahkan pembaca Anda untuk menemukan posting blog terbaru Anda Ini adalah cara yang baik untuk tetap menjaga loyalitas dari pembaca atau pengunjung blog anda.

9. Recent Comments Links
Hampir serupa dengan recent post, Anda juga dapat menyertakan link komentar baruyang ditinggalkan oleh para pengunjung blog anda.

10. Popular Posts Links
Sidebar Anda adalah tempat yang tepat untuk menampilkan link posting blog anda yang paling populer dan mendapat komentar paling banyak. Orang akan melihat link tersebut dan ingin membaca posting anda untuk melihat mengapa postingan tersebut begitu populer.

11. RSS Subscription
Pastikan pembaca Anda dapat berlangganan ke blog Anda melalui feed reader atau email dengan meletakkan pilihan berlangganan RSS Anda di tempat yang mudah dilihat pada sidebar Anda.

12. Search Box
Item ini memudahkan bagi pembaca Anda untuk menemukan konten lama melalui pencarian kata kunci dengan menempatkan kotak pencarian pada sidebar Anda.

13. Advertisements
Sidebar Anda dapat menyimpan banyak iklan seperti Google AdSense, Amazon Associate, iklan banner secara langsung dan banyak lagi. Jangan penuhi sidebar Anda dengan iklan, karena faktor estetika juga sangat berpengaruh terhadap kepopuleran blog anda.

14. Donations Button
Sementara Donation Button mungkin tidak menghasilkan banyak uang untuk blog Anda, sangat umum bagi blogger untuk memasang item ini dalam sidebar dengan harapan bahwa seseorang akan memberikan sumbangan suatu saat. Tetapi saya sangat jarang melihat item ini dipasang di blog para blogger indonesia.

15. Social Web Links and Feeds
Banyak blogger menggunakan sidebar sebagai cara untuk mempromosikan berbagai jaringan sosial dan kegiatan bookmark sosial. Misalnya, Anda mungkin ingin menyertakan link ke Facebook, LinkedIn, Digg atau akun lain profil di sidebar blog Anda, atau Anda mungkin ingin memasukkan Twitter feed pada sidebar Anda.

Silahkan Masukkan Email Anda jika ingin berlangganan Artikel Blog ini:

Subscribe in a reader

Delivered by FeedBurner



1 komentar:

cheat game online said...

tapi menurut saya blogroll yg paling important mas...hehehe
cheat game online

Post a Comment